Aroma Pungli Di Kawil Kemenag Pesawaran Terkait Ujian Nasional Madrasah Aliyah

agung, 11 May 2020, PDF
Share w.App T.Me
INDONESIASATU.CO.ID:

PESAWARAN. Kepala seksi madrasah Kanwil Kemenag Kabupaten Pesawaran diduga melegalkan pungutan tanpa dasar(pungli) untuk biaya ujian nasional(UN) pada Madrasah Aliyah dilingkungan sekolah yang dikelola oleh kementerian agama (kemenag).

Selaku kasi madrasah kabupaten pesawaran Paiman, saat di klarifikasi terkait pungutan biaya ujian nasional disekolah madrasah Aliyah (MA) Darur Ridho Al-Irsyad Al-Islamiyah Hanura Teluk Pandan yang nilainya totalnya Rp.2.200.000(dua juta dua ratus ribu rupiah) untuk per siswa menyangkal bahwa hal tersebut merupakan pungutan liar.

"Apa yang dilakukan oleh 'Iwan Kurnia" kepala Madrasah Aliyah  Darur  Ridho Al-Irsyad adalah hal yang wajar itu bukan pungli, terlebih kepala sekolah sebelum nya sudah melakukan musyawarah bersama wali murid, dan aturan nya memang demikian", jelas Paiman, Senin(13/4/2020).

Menurut Ketua DPC Lembaga Aspirasi Masyarakat Indonesia ( LAMI ) Kabupaten Pesawaran Arif Roni kepada awak media menyampaikan bahwa menurutnya apa yang dilakukan Kasi Madrasah Kanwil Kamenag Kabupaten Pesawaran (Paiman) ini sangat
bertentangan dengan aturan Pemerintah.

"Hal itu adalah pungutan yang tanpa dasar atau pungli, karena bertentangan dengan peraturan pemerintah yang dikeluarkan oleh Mentri pendidikan, bila hal ini masih dilakukan kami akan bawa kejalur hukum", jelas Roni.

Pemerintah sudah mengeluarkan Peraturan Menteri Pendidikan(Permendikbud) tentang Ujian Nasional (UN) menyebutkan didalam bahwa biaya penyelenggaraan dan pelaksanaan UN menjadi tanggung jawab Pemerintah Pusat, Pemerintah Daerah, dan sekolah.

Pemerintah Pusat, Pemerintah Daerah, dan/atau Satuan Pendidikan tidak diperkenankan memungut biaya pelaksanaan UN dari siswa, orang tua/wali, dan/atau pihak yang membiayai peserta didik. 

Larangan itu jelas tertulis tegas dalam pasal 17 Permendikbud No. 43 Tahun 2019 tentang Penyelenggaraan Ujian yang Diselenggarakan Satuan Pendidikan dan Ujian
Nasional.

Pada ketentuan umun yang termasuk Satuan Pendidikan adalah satuan pendidikan dasar dan menengah yang meliputi Sekolah Dasar (SD), Madrasah Ibtidaiyah (MI), Sekolah Dasar Teologi Kristen (SDTK), Sekolah Dasar Luar Biasa (SDLB), Sekolah Menengah Pertama (SMP), Madrasah Tsanawiyah (MTs), Sekolah Menengah Pertama Teologi Kristen (SMPTK), Sekolah Menengah Pertama Luar Biasa (SMPLB), Sekolah Menengah Atas (SMA), Madrasah Aliyah (MA), Sekolah Menengah Agama Kristen (SMAK), Sekolah Menengah Agama Katolik (SMAK), Sekolah Menengah Teologi Kristen (SMTK), Sekolah Menengah Atas Luar Biasa (SMALB), Sekolah Menengah Kejuruan (SMK), dan lembaga pendidikan yang menyelenggarakan Program Paket A/Ula, Paket B/Wustha, dan Program Paket C/Ulya.(Agung)

PT. Jurnalis Indonesia Satu

Kantor Redaksi: JAKARTA - Jl. Terusan I Gusti Ngurah Rai, Ruko Warna Warni No.7 Pondok Kopi Jakarta Timur 13460

Kantor Redaksi: CIPUTAT - Jl. Ibnu Khaldun I No 2 RT 001 RW 006 Kel Pisangan Kec Ciputat Timur (Depan Kampus UIN Jakarta)

+62 (021) 221.06.700

(+62821) 2381 3986

jurnalisindonesiasatu@gmail.com

Redaksi. Pedoman Siber.
Kode Perilaku.

Mitra Kami
Subscribe situs kami
Media Group IndonesiaSatu